Pengetahuan

KONSEP PROFESI DAN KONSEP ETIKA PROFESI

ETIKA PROFESI
5
(1)

Konsep profesi dan konsep etika profesi – Profesi berasal dari bahasa Latin : Proffession yang memiliki 2 arti yaitu Janji (ikrar) dan pekerjaan. Dalam arti sempit profesi adalah kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan sekaligus dituntut dalam pelaksanaan norma sosial dengan baik. Dalam arti luas profesi dapat diartikan kegiatan apa saja dan siapa saja untuk dapat memperoleh nafkah dilakukan dengan suatu keahlian tertentu.

ETIKA PROFESI
ETIKA PROFESI

Beberapa pengertian profesi :

Profesi dalam kamus besar bahasa indonesia ialah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejujuran, dsb)

Profesi secara istilah adalah profesi biasa diartikan sebagai suatu bidang pekerjaan yang didasarkan pada keahlian tertentu.

Menurut Sudarwan Damin dengan merujuk pendapat Howard M. Vollmer dan Donald Mills Profesi merupakan pekerjaan yang dapat menuntuk kemampuan intelektual khusus yang diperoleh melalui kegiatan belajar dan pelatihan yang bertujuan untuk menguasai keterampilan / keahlian dalam melayani memberikan advis pada orang lain dengan menerima upah gaji dalam jumlah tertentu.

Kata Profesi dapat diketahui dari 3 Sumber makna antara lain :

  • Makna Etimologi, Secara etimologi berasal dari bahasa inggris profesion atau bahasa latin Profecus / professio, yang artinya mengakui, pengakuan, menyatakan mampu atau ahli dalam mengerjakan pekerjaan tertentu.
  • Makna Terminologi, Sebagai suatus pekerjaan yang mensyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakuknya yang ditekankan pada pekerjaan mental, bukan pekerjaan yang manual.
  • Makna Sosiologi, Profesi menunjukkan suatu kepercayaan, bahkan suatu keyakinan atau suatu kebenaran atau kredibilitas seseorang dan menunjukkan suatu pekerjaan atau urusan tertentu.

ETIKA PROFESI

Kode Etik adalah norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun ditempat kerja.

Menurut UU No.8 Kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku & perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : konsep etika moral & norma

Prinsip-prinsip dasar dalam etika profesi :

  1. Prinsip Standar Teknis
  2. Prinsip Kompetensi
  3. Prinsip Tanggung Jawab Profesi
  4. Prinsip Kepentingan Publik
  5. Prinsip Integritas
  6. Prinsip Obyektifitas
  7. Prinsip Kerahasiaan
  8. Prinsip Perilaku Profesional

Maka dari itu dapat kita pahami bahwa kode etik adalah suatu istilah atau wacana yang mengacu kepada seperangkat perbuatan yang memiliki nilai, baik dan buruk, pantas atau tidak pantas, sopan atau tidak. Dan kode eik harus dimiliki oleh setiap pekerjaan profesional, temasuk profesi Guru.

 

Seberapa bermanfaat konten ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 1

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada posting ini.

Related posts

KONSEP CYBERCRIME

Cara Mempercepat PageSpeed

Keuntungan Website Banyak Pengunjung

Leave a Comment