Pengetahuan

Konsep Etika, Moral, dan Norma

Konsep Etika, Moral, Dan Norma
5
(1)

 

 

Konsep Etika, Moral, dan Norma – Mempunyai pengertian yang hampir bersamaan atau berkaitan, karena keduanya mengandung nilai dan norma untuk mengatur tingkah laku manusia, yang mengacu pada kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat.

1. ETIKA

Etika merupakan tempat tinggal yang biasa, adat, watak, perasaan, berpikir dan sikap berasal dari bahasa Yunani “Ethos”. Sedangkan dalam bentuk jamak ta etha dapat diartikan kebiasaan. Oleh karena itu Etika bisa disimpulkan ilmu mengenai adat kebiasaan.

Etika menurut para ahli antara lain :

Menurut Martin (1993) , “Etika yaitu tingkahlaku sebagai standart yang mengatur pergaulan manusia dalam kelompok sosial”

Menurut DRS. O.P. SIMORANGKIR : Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran an nilai yang baik.

Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat, Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, Sejauhyang dapat ditentukan oleh akal.

Drs. H. Burhanudin Salam Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan manusia dalam hidupnya.

Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan bertanggung jawab. Suatu ilmu, objek dari etika yaitu tingkah laku manusia.

Menurut Istilah Etika mempunyai 3 arti antara lain :

  • Pertama, nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Arti ini bisa disebut sistem nilai. Contohnya etika setiap suku dan etika agama.
  • Kedua, Etika berarti kumpulan asas atau nilai moral (kode etik). Misalnya kode etik kedokteran, kode etik peneliti, dll.
  • Ketiga, Etika berarti ilmu tentang yang baik atau buruk. Etika menjadi ilmu bila kemungkinan etis menjadi bahan refleksi bagi suatu penelitian sistematis dan metodis.

Fungsi Etika antara lain :

  1. Sebagai subjek : Untuk menilai apakah tindakan yang telah dikerjakan itu salah atau benar, buruk atau baik.
  2. Sebagai Objek : cara melakukan sesuatu (moral).
  3. Memberikan orientasi kritis dan rasional dalam menghadapi pluralisme moral, yang dapat mengakibatkan oleh : Adanya aneka pandangan moral,
  4. Adanya gelombang modernisasi.
  5. Munculnya berbagai ideologi.

2. MORAL

Moral berasal dari kata latin MOS, MORIS. Moral dapat diartikan ajaran baik & buruk tentang tingkah laku manusia.

Menurut Immanuel Kant Moralitas adalah hal keyakinan  dan sikap batin dan bukan sekedar penyesuaian dengan aturan luar.

Moral lebih menunjuk pada aturan & norma yang lebih konkrit bagi penilaian baik atau buruknya perilaku manusia.

3. NORMA

NORMA merupakan seperangkat aturan baik yang tertulis maupun tidak yang disepakati oleh sekelompok masyarakat untuk mengatur kehidupannya dan akan dikenakan sanksi bagi yang akan melanggar.

Macam-macam Norma :

Konsep Etika, Moral, dan Norma
Konsep Etika, Moral, dan Norma

 

 

Seberapa bermanfaat konten ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Penilaian rata-rata 5 / 5. Jumlah suara: 1

Tidak ada suara sejauh ini! Jadilah yang pertama memberi peringkat pada posting ini.

Related posts

KONSEP CYBER LAW

Daftar Control Panel Hosting Terbaik Dan Gratis

Cara Menghilangkan Iklan Di Xiaomi

Leave a Comment