Pengetahuan Programming

Daftar Framework PHP yang Populer

Daftar Framework PHP yang Populer
4.36/5 (14)

Daftar Framework PHP yang Populer – Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini kebanyakan Web Developer jarang menggunakan Native PHP, dikarenakan rentan terhadap hacking, bukan berarti Framework ini sangat aman, tetapi keamanan website kita bisa terbilang aman.

Framework PHP ini juga sangat membantu dalam project yang besar, karena itu Freamework PHP sangat banyak digunakan oleh para Web Developer, tapi ada juga Framework PHP yang mudah digunakan seperti yang sering saya pakai yaitu Code Igniter, penjelasan lebih jelas mengenai Daftar Framework PHP yang Populer berikut ini

1. Laravel
Laravel - Clue-Internet.com
Laravel – Clue-Internet.com

Laravel merupakan framework PHP pengembangan applikasi website berbasis  PHP yang sering digunakan para Web Developer. Laravel pertama kali dirilis pada tahun 2011. Laravel juga menerapkan system MVC (Model-View-Controller ) yang dikembangkan oleh Taylor Otwell. Baru-baru ini Laravel merupakan framework yang paling popular di kalangan para Web Developer.

Laravel juga memiliki banyak fitur yang dapat membantu developer untuk membuat aplikasi lebih cepat. Laravel juga memiliki fitur templating ringan yang diberi nama “Blade”. Tidak hanya itu, Laravel juga memiliki sintaks yang bisa membantumu untuk melakukan tasks seperti autentikasi, sessionsqueueingcaching, dan routing RESTful.

2. Code Igniter
CodeIgniter - Clue-Internet.com
CodeIgniter – Clue-Internet.com

Code Igniter juga merupakan salah satu Framework PHP yang menggunakan pattern MVC (Model – View – Controller). Framework ini sudah ada sejak tahun 2006, proses instalasi Framework ini sangat mudah, dan ukuran file nya pun 2mb,

Kenapa Code Igniter sangat cocok untuk pemula ? Karena framework ini menyediakan user guide, video tutorial, dan cara penggunaannya pun tidak sulit.

3. Symfony
Symfony - Clue-Internet.com
Symfony – Clue-Internet.com

Framework PHP terbaik yang satu ini cocok untuk developer yang sudah mahir. Framework ini sendiri memang dibuat dengan tujuan untuk membuat aplikasi di level korporat. Contoh website yang menggunakan Fromework ini adalah Askeet dan Yahoo! Bookmarks.

Framework PHP yang bernama Symfony ini memang memiliki banyak fitur dan bisa digunakan untuk banyak hal. Sayangnya, Symfony sendiri bekerja sedikit lebih lambat jika dibanding dengan framework yang lain.

4. Yii 2
Yii 2 - Clue-Internet.com
Yii 2 – Clue-Internet.com

Yii 2 salah satu framework PHP populer yang merupakan framework Open Surce yang berorientasi berpatern MVC. Yii diucapkan dengan pengejaan “Yee” atau [ji:], dalam bahasa Cina memiliki arti “Sederhana dan Evolusi”. Pemakaian teknik lazy loading oleh framework PHP ini memberikan dorongan agar kinerja situs menjadi lebih cepat daripada framework PHP lainnya. Yii 2 murni bersifat oop atau sering dengan object oriented programming, dan hal ini didasarkan pada konsep coding DRY (Don’t Repeat Yourself), yang menyediakan kode dasar yang cukup bersih, rapi dan logis. Selain itu Yii 2 juga terintegrasi dengan jQuery, dan dilengkapi dengan fitur AJAX-enabled, juga mengimplementasikan mekanisme pembangunan skin atau tema yang mudah digunakan, sebuah pilihan cocok yang memiliki latar belakang sebagai frontend developer.

Nah seperti pembahasan Daftar Framework PHP yang Populer, semoga sobat menemukan framework PHP yang cocok dengan gaya pemrograman kalian, dan kalo ada Framework PHP yang Populer menurut sobat, bisa dicantumkan langsung di komentar ya, Terimakasih.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

Cara Belajar Coding Agar Tidak Membosankan

Daftar Penyedia VPS Terbaik Dan Gratis

Cara Menghilangkan Iklan Di Xiaomi

Leave a Comment