Pengetahuan Tutorial Website

Cara Mempercepat PageSpeed

Cara Mempercepat PageSpeed Blog / Website
4.5/5 (4)

Cara Mempercepat PageSpeed – Mesin penelurusan google telah merilis versi terbaru dari google PageSpeed dengan fitur dan manfaat yang lebih baik. Pagespeed bisa digunakan untuk membantu sobat untuk optimasi pagespeed blog / website sobat. Cara optimasi kecepatan website bisa dilakukan dengan mudah, terutama website dengan CMS wordpress. Sobat hanya perlu menggunakan plugin untuk mengoptimasi PageSpeednya, jadi sobat tidak harus menguasai bahasa pemograman sudah bisa melakukan optimasi website dengan mudah dan tentunya akan mempercepat blog / website sobat.

Pada umumnya kata Optimasi adalah tahapan untuk mencapai hasil yang baik atau optimasi (nilai efektif yang bisa dicapai). Optimasi bisa diartikan sebagai suatu bentuk pengoptimalan hal yang sudah ada, maupun merancang dan juga membuat sesusatu secara optimal. Optimasi website ada beberapa jenis, yang paling banyak dilakukan adalah optimasi seo on page. Namun kali ini ane mau bagiin cara mempercepat loading website di PageSpeed.

Ada 3 Parameter Pengukuran Yang Digunakan :

1. Chrome User Experience Report

Chrome User Experience Report yaitu data yang didapatkan oleh Google dari laporan pengalaman pengguna Chrome. Halaman blog yang responsive menjadi salah satu penilaian oleh google dan pengunjung blog tersebut. Semakin bagus tampilan blog / website sobat, maka semakin betah pengunjung berlama-lama di halaman tersebut.

2. Lighthouse

Lighthouse yaitu tools otomatis dan bagian dari Chrome Developer Tools untuk mengaudit kualitas (kinerja, aksesibilitas, dll) dari sebuah halaman web. Jadi jika template sobat terdapat coding yang buruk, maka akan terdeteksi dan tidak akan lolos audit. Maka dari itu peran template pada website sobat itu sangat penting. Pilihlah template yang menurut sobat responsive, nyaman dilihat dan ringan.

3. Pagespeed Insight

PageSpeed ini dibuat oleh Google dan menunjukkan seberapa baik kinerja laman pada Laporan UX Chrome dan juga memberikan saran terkait pengoptimalan kinerja. Berbeda dengan GTmetrix, PageSpeed memberikan fitur yang lebih detail dan juga memberikan solusinya dengan tepat. PageSpeed juga lebih mudah dipahami oleh para pemula.

Beberapa Penyebab Loadspeed Blog Lambat :

  1. Tidak menerapkan Cache Browser
  2. Tidak memakai fungsi kompresi file website
  3. Gambar masih berukuran besar
  4. Respons server yang sangat lambat
  5. File CSS dan Javascript yang tidak di minify
  6. File CSS dan Javascript yang berada di paruh atas

Melakukan optimasi diatas memang sedikit rumit, dan sobat harus mempunyai skill tentang server dan coding. Seorang pemula pun bisa melakukan optimasi dengan sangat mudah.

Solusi Loadspeed Blog Yang Lambat :

1. Upgrade Server

Mengapa server menjadi poin pertama? Ya, karena server itu sendiri komponen utama pada website, jika tidak ada server maka website tidak bisa dipanggil di internet. Maka dari itu sobat gunakan server yang baik, minimal VPS atau Dedicated Server. Apabila tidak mempunyai itu semua maka pakailah cloud hosting, karena cloud hosting lebih stabil dibanding shared hosting.

2. Pastikan Kompresi Sudah Aktif

Kompresi gzip itu sangat penting untuk mengecilkan ukuran total website. Semakin kecil ukuran website di load maka akan semakin cepat ditampilkan. Bagi server yang menggunakan engine Apache bisa menggunakan mod_deflate, dan apabila server yang menggunakan engine Nginx dapat menggunakan ngx_http_gzip_module. Hal ini bisa di bilang sepele, namun sangat berpengaruh ya sob.

3. Lakukan Minify Semua CSS Dan JS

Khusus untuk minify bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan dari plugin ya sob, dan juga bisa dilakukan manual dan diperlukan skill coding, untuk tools-nya bisa menggunakan minifier.org.

4. Letakan Semua CSS Dan JS Ke Footer

Ane tekankan lagi, perlu skill coding untuk mengatasi ini. Bagi seorang pengguna WordPress, bisa searching di Google dengan kata kunci “how to move css and JS to footer”. Sebenernya ada beberapa plugin yang dapat mempermudah, tapi seringkali masih ada yang ketinggalan, solusi terbaik tetap manual.

5. Pastikan Browser Cache Sudah Aktif

Sobat bisa melakukannya dengan menggunakan header Cache-Control dan ETag. Sepele namun jika di aplikasikan akan memberikan skor yang lebih baik pada PageSpeed. Mengatur kapan expired dari cached itu juga sangat penting.

6. Lakukan Kompresi Gambar

Ada banyak tools atau plugin untuk kompresi gambar, tapi rekomendasi dari kami cukup menggunakan photoshop dan gunakan fitur save for web. Fungsi tersebut juga menawarkan kompresi gambar tanpa akan merusak kualitas gambar (secara berlebihan).

Apabila cara diatas masih kurang memuaskan, sobat bisa menggunakan modul pagespeed dari Google (khusus pengguna VPS dan Dedicated Server), informasi selengkapnya bisa cek disini.

Nah seperti itu sob tentang Tips atau Cara Mempercepat Loading PageSpeed Pada Blog / Website Dengan Mudah. Semoga artikel ini bisa membantu sobat dalam melakukan optimasi website. Jangan lupa selal mampir di blog kami. Terimakasih.

Nilai Kualitas Konten

Related posts

Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula

Cara Menghilangkan Iklan Di Xiaomi

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP bagi Pemula

Leave a Comment